Pages

Banner 468 x 60px

Thursday, March 23, 2017

Potensi Terpendam Di Teluk Tomini

1 komentar

























Pernahkan anda mendengar tentang surga terumbu karang dunia ???.., jawaban tentunya ada di Negara kita, yakni Indonesia. Sejak dulu, Indonesia yang dikenal sebagai Negara maritime telah menjadi sasaran bagi para pedagang dunia. Alasannya Indonesia punya segalanya, mulai dari hasil-hasil rempah hingga potensi yang sangat besar terpendam didalam lautnya. Pusat keanekaragaman hayati laut dunia, terletak di kawasan segitiga karang dunia. Kawasan ini meliputi Indonesia, Philipina, Malaysia, Timor Leste, Papua New Guinea, dan Kepulauan Salomon. Indonesia sendiri memiliki luas terumbu karang sekitar 51.000 kilo meter bejur sangkar yang menyumbang 18% luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle. Tidak heran, Indonesia merupakan Negara yang berada di segitiga karang dunia. Lalu apa kaitannya dengan Teluk Tomini yang ada di kepulauan Sulawesi. 

Nih.., penjelasannya, disimak ya gan..,

Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Indonesia. Luasnya kurang lebih 6 juta hektar dengan potensi sumber daya alam yang kaya dan unik.  Teluk Tomini mempunyai peran penting bagi dunia karena letaknya yang persis berada di jantung segitiga terumbu karang. Teluk yang membentang di 3 Provinsi ini masing-masing Provinsi Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara tersebut terkenal memiliki sumber daya perikanan yang sangat besar. Terumbu karang dan mangrove serta sumber daya pesisir yang kaya akan potensinya. Teluk dengan panjang pantainya mencapai 2.400 kilometer ini menyimpan potensi laut yang menjanjikan. Berdasarkan kajian bahwa luas perairan untuk penangkapan ikan mencapai 5.295.144. hektar. Kemudian budidaya laut seluas 6.072.202 hektar serta budi daya rumput laut dan kerapu mencapai 374.832 hektar. Potensi sumber daya ikan di Teluk Tomini mencapai sekitar 330.000 ton per tahun dan dapat dikelola secara lestari sekitar 214.000 ton per tahun.  Potensinya besar ya gan, heheheheheheh…

Kondisi oseanografi Teluk Tomini sendiri yang berhubungan dengan laut lepas seperti Laut Sulawesi dan Laut Maluku memungkinkan terjadinya pertukaran masa air yang dampak optimalnya adalah pada sirkulasi nutrient. Akibatnya teluk yang memiliki kedalaman hingga 4000 meter ini memiliki tingkat kesuburan tinggi dan dihuni oleh berbagai jenis ikan bernilai ekonomi tinggi sekaligus sebagai kawasan pengembang biakan sel telur ikan tuna. Tidak heran Teluk Tomini punya potensi yang sangat besar. Namun pertanyaanya apakah dengan sumber dan potensi yang sangat besar ini mulai dikelola secara professional??. Ini yang menjadi PR bagi kita semua. Melihat betapa pentingnya sumber daya  yang terkandung diwilayah Teluk Tomini maka tentunya ini harus dijaga dan dilestarikan. Eksplorasi yang dilakukan diwilayah Teluk Tomini harus memperhatikan keberlangsungan ekosistem kehidupan bagi biota laut yang ada.

Tidak heran dengan potensi yang sangat besar terpendam dalam kawasan Teluk Tomini maka pemerintah telah menetapkan Teluk Tomini sebagai kawasan budidaya ruang darat maupun laut yang pengembanganya diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bagi kawasan tersebut. Dalam kawasan Teluk Tomini terdapat satu pelabuhan International yaitu pelabuhan Bitung dan satu pelabuhan nasional yakni pelabuhan Gorontalo. Hal ini ditunjang dengan 13 kawasan hutan lindung nasional terdiri dari satu kawasan suaka alam laut, tiga suaka margasatwa, tujuh cagar dan satu taman nasional serta satu taman laut nasional. Well.., dengan demikian maka Teluk Tomini punya andil besar terhadap kelangsungan terumbu karang dunia. Hal ini patut kita jaga dan lestarikan. Jangan ada lagi eksplorasi yang merusak habitat dan ekosistem yang ada. Mari kita jaga Teluk Tomini, kita lestarikan terumbu karang sebagai habitat utama pengembangan ikan di kawasan ini. (Nugie Humas) 

1 komentar:

Unknown said...

Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2MHDqgH

Post a Comment